22.1.10

Seandainya Semua Wakil Rakyat Seperti Mereka

22.1.10
Tanggal 22 Januari 2010, hari jum'at kebetulan malam ini ada pengajian rutin dan alhamdulillah aku masih bisa untuk menghadirinya.

Pulang ngaji jam 9.30 sampai dirumah jam 10 an, karena tadi sore belum sempat makan akhirnya aku ambil piring, kuisi dengan nasi dan lauk yang sudah tersedia dimeja, alhamdulillah masih ada sayur sop, iklan dan sebagai pelengkap sambal, tak lupa ku bawa segelas air putih lalu ke ruang depan, sambil makan aku cari-cari program yang bagus di tv, akhirnya tertuju pada acara tv kick andy kebetulan sudah lama nggak lihat tv dan kick andy merupakan salah satu program tv kesukaanku setelah mario teguh :) , tema pada acara kali ini adalah " Bukan Bupati Biasa" pas aku lihat sampai pada bupati Gorontalo, David Bobihu Akib, seorang Bupati yang mencetus konsep Government Mobile.

Dan satu hal yang tidak bisa dipercaya sama sekali Bapak David membongkar pagar yang baru selesai dibangunnya dengan tujuan agar para rakyat bisa berkunjung ketempatnya kapan saja, hu.... hebat beda sama pejabat kebanyakan yang mempunyai rumah hampir 1 hektar trus digerbang lagi dan didepan gerbang ada tulisan Pemulung Dilarang Masuk miris banget. Maka tidaklah aneh jika Bapak David dinobatkan sebagai salah satu 10 Bupati terbaik di Negeri ini.

Setelah itu dari Jawa Timur, Bupati Jombang Suyanto yang sangat mengedepankan masalah kesehatan warganya " Jika semua sehat jadi kita bisa beraktivitas dengan baik" begitulah kata Bapak Suyanto. Yang lebih mencengankan lagi karena sangat pedulinya dengan kesehatan Puskesmas yang ada di Jombang memiliki banyak dokter spesialis dan ruang rawat inap padahal jika dokter spesialis membuka praktik sendiri hasil yang diperoleh lebih besar dari pada kerja di Puskesmas didesa lagi, yang lebih membanggakan Puskesmas ini pernah mendapatkan ISO waow..... bagaimana dengan biaya yang dikeluarkan? tidak telalu mahal hanya Rp 20.000 bahkan jika ada warga yang tidak mampu membayara tidak perlu membayar berbeda dengan biaya berobat yang ada di Jakarta hanya pilek atau sakit perut aja Rp 50.000 belum penyakit yang parah bisa mencapai jutaan rupiah kapan di Jakarta ada Puskemas seperti itu ya????

Kisah lainnya adalah Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Bapak Hugua yang dulunya seorang LSM dan sekarang dipilih sebagai Bupati. Bapak Hugua berhasil memajukan Wakatobi menjadi daerah pariwisata yang hampir mengalahkan Taman Laut Bunaken. Selain itu Bapah Hugua juga telah berhasil membangun berbagai fasilitas dari jalan hingga landasan pesawat terbang, dan tak asing jika banyak tusir asing yang sudah bisa mengakses daeraha tersebut.

Bupati terakhir yang hadir di Kick Andy Bupati Lamongan Bapak Masfuk yang pada tahun 2008 dinobatkan sebagai Bupati terbaik hu.... hebaaaat. Idenya dianggap agak aneh karena mempopulerkan bahasa mandarin ke kabupaten yang ia pimpin, bahkan sekarang sudah menjadi pelajaran wajib seperti bahasa inggris dan bahasa indonesia. Hal ini diterapkan untuk mengantisipasi akan datangnya ekonomi global.

Salah satu karya besar dari Masfuk dalam memajukan Lamongan adalah mengubah pantai kodok menjadi sebuah wisata bahari yang maju, yang tentu saja diiringi dengan kemajuan ekonomi di wilayah itu, bahkan belum lama ini Lamongan telah memiliki sebuah Mall yang terhubung langsung dengan pasar.

Waktu dikerjaan buka webnya Kick Andy ternyata ada satu lagi Bupati yang tidak sempat aku lihat yaitu Bupati dari Sragen Untung Wiyono, Bupati Sragen yang kayanya sedang mendalang saat Andy F. Noya, host Kick Andy masuk ke studio. Bapak Untung Wiyono berpakaian lengkap seperti layaknya dalang.

Untung memang memiliki banyak gebrakan untuk memajukan kabupaten yang ia pimpin. Di bawah pimpinannya, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah telah mengalami kemajuan secara pesat. Sragen yang dulunya tergolong daerah tertinggal kini menjadi kota terbaik dengan meraih penghargaan adipura selama enam tahun berturut-turut. Hebat ya.....

Seandainya semua wakil rakyat bisa seperti bupati-bupati ini nggak harus nunggu beratus-ratus tahun deh pasti Indonesia bisa menjadi negara yang maju, tapi sayang mungkin hanya segelintir dari wakil rakyat yang bisa seperti itu. :(

Salut deh untuk Bapak-bapak Bupati diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by ErnyZain
This template is brought to you by : Our Family Blogger Templates